Senin, 31 Desember 2012

Beralih Ke Produk Hijau


Tanggal 12 – 15 April 2012 Green Building Council Indonesia (GBCI), lembaga independen pemeringkat bangunan hijau versi Indonesia, mengadakan pameran dan konferensi bahan bangunan ramah lingkungan bertajuk Greenright Indonesia Green Building Conference & Expo (GIGBCE) 2012. Penggunaan bahan bangunan hijau merupakan salah satu kriteria Greenship, rating bangunan hijau versi GBCI. Sekitar 50-an produk dari 26 perusahaan dipamerkan dalam acara tersebut. Produk-produk itu juga dimasukkan dalam katalog tahunan Green Listing yang diterbitkan GBCI untuk memudahkan konsumen dalam memilih sekaligus memotivasi produsen untuk terus memproduksi produk hijau. Sejumlah produk green itu kami tulis dalam rubrik ini. Di bawah ini beberapa di antaranya.

Cocomosaic
Green Tile dari Batok Kelapa
Tempurung kelapa yang selama ini hanya menjadi arang pembakar dan bahan kerajinan, sekarang digunakan juga sebagai aksesoris penutup dinding dan lantai. Salah satu produknya adalah Cocomosaic tiles, potongan chip berukuran 3 x 3 cm yang direkatkan satu sama lain dengan kuat sehingga membentuk mosaik warna-warni, kemudian dipotong menjadi ubin (tile) dengan ukuran 42 x 42 cm/keping. Sisa pembuatan mozaik digunakan lagi untuk membuat mosaik dengan motif berbeda, sehingga tidak ada bahan yang terbuang.
Menurut Jay Sitio, Sales Executive Cocomosaic Indonesia, bahan bakunya diambil dari berbagai sentra batok kelapa di seluruh Indonesia. Semua batok kelapa bisa digunakan sepanjang tidak retak dengan ketebalan 0,5 mm. “Tidak ada kriteria bahan baku, yang penting tidak cacat. Justru nilai eksotiknya di situ, dari berbagai batok kelapa dengan warna berbeda-beda,” katanya.

sumber:housing-estate

6 komentar:

  1. Hub saya klo produk kmii bisa di trima di perusahaan anda ..085733901390

    BalasHapus
  2. Saya butuh perusahaan yang menerima potongan mosaic klapa 3x3cm dengn kpasitas besar

    BalasHapus
  3. Saya butuh perusahaan yang menerima potongan mosaic klapa 3x3cm dengn kpasitas besar

    BalasHapus
  4. Saya butuh perusahaan yang menerima potongan mosaic klapa 3x3cm dengn kpasitas besar

    BalasHapus