Jumat, 14 Desember 2012

Haid Sering Tidak Teratur? Ini Pemicunya

Sebagian wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur, yang semestinya satu bulan sekali, namun haid baru datang dua atau tiga bulan sekali. Menurut dr. Vanda Mustika, konsultasi seks wolipop, mengatakan bahwa haid yang normal siklusnya berkisar antara 20 hingga 40 hari dan berlangsung selama dua hingga delapan hari. Siklus tersebut terjadi akibat adanya sejumlah hormon yang beredar dalam tubuh dalam suatu siklus tertentu.

Siklus hormon tersebut merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak kita, kandung telur, kelenjar-kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Sehingga bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon-hormon tersebut maka akan mengakibatkan terganggunya siklus menstruasi. Apa yang mempengaruhi haid sering telat dan tidak teratur? Dirangkum dari About, ini dia pemicunya.

1. Stres
Stres bisa memicu banyak hal, termasuk terlambat datang bulan. Stres membuat kadar hormon berkurang, itu membuat tidak berovulasi atau menstruasi. Melepas stres dengan berlibur atau berkonsultasi dengan dokter menjadi solusi untuk masalah ini.

2. Sakit dan Kelelahan
Ketika badan tidak begitu baik, sistem tubuh juga tidak bekerja maksimal. Hal itu dapat menunda evolusi, sehingga haid menjadi tidak lancar.

3. Pengaruh Obat
Mungkin Anda sedang mengonsumsi obat tertentu. Obat dapat mempengaruhi siklus haid. Berkonsultasilah pada dokter tentang obat yang sedang Anda konsumsi saat ini. Pastikan Anda mengetahui efek dari obat yang dikonsumsi tersebut.

4. Terlalu Gemuk atau Kurus
Berat badan yang terlalu berlebih atau terlalu kurus dapat menyebabkan gangguan dalam metabolisme lemak. Hal itu berpengaruh pada kadar estrogen dalam tubuh, yang berpengaruh pada sikulus menstruasi.

5. Hamil
Kemungkinan lain Anda telat haid adalah kehamilan. Tes kehamilan menjadi jawaban untuk menentukan apakah Anda hamil atau tidak.

sumber:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar