Rabu, 09 Januari 2013

Dekorasi Rumah yang Mendamaikan Hati


Dekorasi rumah seharusnya menjadi tanggung jawab sang empunya rumah. Meski meminta bantuan orang lain, keputusan akhir tetap berada di tangan Anda sebagai pemiliknya. Karena di tempat inilah Anda sebagai pemilik rumah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beristirahat dan bercengkerama dengan keluarga.

Memang, jika bukan sang pemilik rumah yang menentukan dekorasi rumah, kenyamanan dan rasa memiliki akan jauh berkurang. Maka, menyambut tahun baru ini, tak sedikit pemilik rumah yang ingin memberikan nuansa baru pada tampilan interior dan eksterior rumahnya.

Nah, jika Anda adalah salah satu dari pemilik rumah yang ingin mengubah nuansa di rumah Anda, berikut ini sedikit tips bisa diikuti untuk mengubah tampilan rumah Anda. Bukan hanya mengubah tampilan, semoga perubahan ini mampu mendamaikan hati Anda dan keluarga.

Kata hati

Pertama-tama, ikutilah kata hati Anda. Tidak ada salahnya melihat referensi desain yang sedang tren sat ini. Namun, tetaplah ingat, bahwa Anda sendiri adalah penentu tren di rumah Anda. Jika tahun ini beberapa pihak memilih warna biru-ungu indigo, atau ada juga yang memilih warna hijau zamrud sebagai tren warna 2013, bukan berarti Anda harus mengikuti tren tersebut.

Pasar loak dan barang bekas

Kedua, tak ada salahnya mencoba keliling ke pasar-pasar loak atau pasar barang antik yang ada di sekitar rumah atau kota tempat Anda tinggal. Tidak semua barang-barang di pasar loak berkualitas buruk. Anda akan terkesan saat menemukan barang-barang antik di pasar-pasar seperti ini. Anda yang tinggal di Jakarta bisa mengunjungi pasar barang antik di Jalan Surabaya di Menteng, Jakarta Pusat.

Menggali referensi

Ketiga, teruslah mencari referensi dalam mendekor dan mendesain. Anda juga dapat mendaftarkan diri pada kuliah-kuliah umum, workshop, serta pameran-pameran dekorasi dan desain.

Menentukan fungsi

Keempat, pastikan Anda menentukan fungsi yang jelas untuk setiap ruangan. Fungsi yang jelas dapat menghindarkan Anda dari tumpukan barang yang tidak menyenangkan. Anda dapat dengan mudah dan selekasnya menyingkirkan barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan lagi.

Pencahayaan

Memberikan perubahan yang dramatis di rumah juga dapat Anda mulai dengan menata pencahayaan. Pencahayaan yang berbeda dapat membuat ruangan tampak sangat berbeda.

Majalah dinding

Kelima, buatlah sebuah mood board berbentuk majalah dinding. Bukan hanya untuk menginspirasi Anda, mood board juga dapat menjadi hiasan cantik di ruang kerja Anda.

Pintu yang cantik

Keenam, perbaiki dan percantik pintu depan atau pintu masuk utama rumah Anda. Pelajari juga cara membetulkan pintu dan barang-barang lain di rumah Anda. Pintu adalah kesan pertama yang Anda berikan kepada setiap orang yang datang mengunjungi Anda. Untuk menambah aksen, tambahkan tanaman dalam pot, nomor rumah, bel, atau ornamen kecil lainnya yang "mengangkat" tampilan pintu Anda.

Sentuhan istimewa

Salah satu hal penting dalam "membedaki" rumah adalah memastikan kamar mandi Anda dalam kondisi yang baik, sehat, dan wangi. Selain kamar mandi, kamar tidur juga dapat menjadi fokus perhatian Anda. Berikan sentuhan istimewa seperti inisial nama Anda pada seprai, sarung bantal, dan handuk, pajang foto Anda, anak Anda, atau bahkan hewan peliharaan Anda.

Pilih kualitas

Terakhir, mulai sekarang Anda jangan terlalu sering berbelanja. Ada baiknya, Anda sedikit berbelanja namun dengan kualitas terbaik. Memang, tidak semua perabotan lebih mahal memiliki kualitas lebih baik. Tapi, tidak ada salahnya Anda berinvestasi pada perabotan bermerk yang sudah terkenal akan kualitasnya.

sumber:kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar