Senin, 24 Desember 2012

Kalium Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat


Jenis-jenis mineral seperti kalsium, besi, magnesium sudah cukup sering didengar. Kalsium dan magnesium antara lain berhubungan dengan kesehatan tulang sementara besi dengan anemia.
Sebenarnya ada lagi jenis mineral yaitu Kalium yang berperan positif pada penyembuhan asam urat yaitu :
berperan dalam pembuangan kristal asam urat dari dalam tubuh
memperlancar proses metabolisme lemak
Sumber-sumber Kalium

Kebutuhan harian kalium untuk pria dan wanita adalah 3500 miligram. Kalium mudah hilang dalam proses pencucian dan pengolahan. Hindari pencucian di bawah air yang mengalir. Untuk sumber makanan yang dimakan tanpa kulitnya, cucilah buah berkulit saat kulitnya masih menempel pada daging buah misalnya pepaya dengan cara membasuhnya dengan air seperlunya. Untuk apel dengan sikat kecil yang basah sambil menghilangkan lapisan lilinnya.
Pisang mengandung 435 miligram kalium. Konsumsi buah segarnya yang bisa dimakan tanpa pengolahan misalnya pisang raja, pisang ambon. Untuk pisang kepok, sebaiknya dikukus, hindari pengolahan dengan perebusan dimana kalium larut dalam air rebusannya. Juga penggorengan dimana kalium rusak dalam minyak yang panas dan penderita harus membatasi asupan lemak harian termasuk minyak goreng.
Pepaya mengandung 221 miligram kalium. Hindari pencucian setelah pengupasan untuk itu pastikan gunakan pisau dan telenan yang bersih.
Apel Merah mengandung 203 miligram kalium. Konsumsi sebagai pembuka santapan ataupun selingan antar waktu makan juga mencegah konsumsi porsi makan yang berlebihan karena memberikan efek rasa kenyang akibat kandungan seratnya yang tinggi
Semangka. Selain kandungan kaliumnya tinggi, buah ini banyak mengandung air yang baik untuk asupan penderita asam urat
Kentang. Kandungan kaliumnya dua kali lebih banyak daripada pisang. Kentang mentah yang dijus dapat membantu mengurangi rasa sakit pada sendi (arthritis)
Labu Siam dan Labu Kuning. Mengandung banyak mineral seperti kalium, kalsium, besi dan fosfor. Kandungan serat dan airnya yang tinggi berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan.
Ternyata banyak sumber makanan dengan kandungan kalium yang dapat dikonsumsi langsung dan bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam urat.

sumber:artikelkesehatanwanita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar