Senin, 03 Desember 2012

Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut



Sebuah penelitian terbaru dari American Cancer Society menemukan bahwa hubungan antara konsumsi kopi berkafein dengan kebersihan mulut. Menurut para peneliti, orang yang minum kopi empat cangkir sehari dapat mengurangi risiko kanker mulut.

Seperti dilansir Science Daily, peneliti menganalisis kebiasaan beberapa minuman. Misalnya, kopi dengan atau tanpa kafein dan teh. Kebiasaan ini kemudian dikaitkan dengan kesehatan mulut dan tenggorokan peminum.

“Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Kopi mengandung antioksidan, polifenol, dan senyawa aktif lainnya yang dapat mencegah kanker,” kata Hildebrand Janet, dalam American Journal of Epidemiology.

Penelitian ini melibatkan 968.432 pria dan wanita yang diamati kesehatannya selama 26 tahun. Para peneliti kemudian menemukan, di antara mereka yang rajin minum empat cangkir kopi berkafein sehari, risiko serangan kanker mulut mengalami penurunan sebesar 49 persen.

Manfaat serupa juga ditemukan dalam kebiasaan minum kopi tanpa kafein lebih dari dua cangkir per hari. Tidak ada hubungan antara minum teh dengan penurunan risiko kanker mulut.

Namun, menurut Academy of Nutrition and Dietetics, bagi kebanyakan orang, 200 – 300 mikrogram kafein per hari (dua atau tiga cangkir kopi) tidak akan menimbulkan efek negatif. Seperti makanan secara umum, asupan kafein yang direkomendasikan adalah dalam jumlah moderat. Untuk itu, Anda perlu mengetahui ukuran asupan kafein Anda per hari.

Tentu saja, terlalu banyak kafein bisa membahayakan kesehatan Anda sendiri.

sumber:intisari-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar